Minggu, 20 April 2014

Tahukah anda??

Pernahkah anda berpikir, bagaimana lebah dapat saling berkomunikasi antar sesamanya? atau bahasa apa yang dipakai lebah untuk saling berkomunikasi?. Nah..pada kesempatan kali ini mari kita simak beberapa informasinya.
Lebah mempunyai bahasa, tetapi bahasa yang dimaksud bukanlah suara yang keluar dari mulut lebah. Bahasa lebah berupa bentuk getaran terbang yang digunakan sebagai alat komunikasi antar mereka. Gerakan terbang lebah ini dikenal dengan sebutan tarian lebah.
Seorang ahli, Karel von Frisch, pernah melakukan penelitian untuk mengetahui cara lebah memberi tahu kepada sesama lebah tentang adanya sumber makanan disuatu tempat, berupa jarak sumber makanan itu dari sarang serta posisi sumber makanan terhadap letak matahari dan sarang.
Menurut Karel von Frisch ada dua bentuk tarian lebah yang mempunyai arti masing-masing. Kedua bentuk tarian ini memiliki beberapa variasi dengan arti tertentu. Kedua bentuk tarian lebah itu adalah round dance dan waggle dance.
Round dance menunjukkan bahwa jarak sarang ke sumber makanan jaraknya antara 50-100 m. Waggle dance menunjukkan bahwa jarak sarang ke sumber makanan lebih dari 100 m.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar